Rabu, 27 Agustus 2014

Ciri Khas Malang

Assalamualaikum Wr. Wb.
hallo teman teman :) kembali lagi dengan saya .. eng ing eng (padahal ya biasa ajaloh)
oke, pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai ciri khas malang yaitu boso walikan.. apakah ada yang tau teman teman sekalian ?
kalo belum tau mungkin bisa disimak postingan saya kali ini .. semoga bermanfaat ya dan bisa di aplikasikan ketika anda di malang :)

jika anda memasuki wilayah malang, anda akan menemukan istilah istilah seperti oskab, ngalam, oges, sam, ngalup, dan lain lain.. mungkin bagi anda yang belum tau pasti akan bertanya tanya apa maksud dari semua itu.. awalnya saya bingung ketika pertama saya pindah ke malang (sekedar informasi saya tinggal di malang sejak kelas 5 SD) teman teman saya menggunakan istilah istilah itu dan saya hanya melongo mendengarnya, tak mengerti apa yang mereka bicarakan.. saya pikir itu hanya bahasa bahasa yang mereka buat sendiri..
tapi sejak saya duduk di bangku SMP, saya mulai memberanikan diri untuk bertanya kepada teman saya, saya berpikir kalau saya begini terus mungkin saya hanya akan terus polos seperti layaknya anak SD yang mencari ibunya (apasih?)
ketika teman saya mulai berbicara dengan bahasa yang asing itu, saya mulai bertanya, "kamu ngomong apa sih? kok pake bahasa aneh gitu? oskab itu apa?" dan oke temen saya malah menertawakan saya dan berkata "kamu nggak tau? itukan ciri khas malang.. namanya boso walikan"
setelah sekian lama akhirnya saya tau kalo malang mempunyai ciri khas yaitu boso walikan.. mengerti maksud dari boso walikan? begini maksudnya.. saya contohkan saja kata "oskab" tadi.. ngalup itu maksudnya adalah bakso.. B-A-K-S-O jika urutannya dibalik maka akan jadi O-S-K-A-B.. paham kan ?
aneh bukan ? tapi lucu.. benar benar ciri khas..

berikut beberapa kata yang bisa dibalik sesuai boso walikan

A
adapes = sepeda
adapes rotom = sepeda motor
agit = tiga
apais = siapa
arados = saudara
aranet = tentara
arudam = madura
asaib = biasa
asayaker = rekayasa
aslup = pulsa
aud = dua
ayahab = bahaya
ayas = saya

C
cacak = kakak

E
ebes = bapak, sekarang diperluas jadi orang2/tokoh2 masyarakat yg dihormati
emes = ibu
enarupes = sepurane (minta maaf)
etas = sate, etas maya = sate ayam
ewed = dewe (sendiri)
ewul = luweh (lapar)
ewus = sewu (seribu)

G
gnaro = orang

H
halak = kalah
halasam = masalah
haliuk = kuliah
halokes = sekolah
hamur = rumah
hambat = tambah
handip = pindah
hayam = mayah (giliran beraksi)
henam = maneh (lagi)
hewul = luweh (lapar)
hewod = doweh (bibir tebal/memble)
hides = sedih

I
ibar = rabi (nikah)
idrek = pekerjaan, kerja. jadi bukan ojrek/kerjo
ilakes = sekali
ilal = lali (lupa)
ikias = saiki (sekarang)
imblak = klambi (baju)
ingeb = bengi (malam), tem ingeb = slamat malam
ipes = sepi
ipok = kopi
itor = roti
itreng = ngerti

J
jes = kata sapaan semacam cuy, man, guys

K
kaceb = becak
kadit = tidak
kajur = rujak
kampes = sempak, swimpack (celana dalam)
kana = anak, kana haub = anak buah
kane = enak
kanyab = banyak
kawab = bawak, dikawab = dibawak (dibawa)
kelab = mbalik (kembali)
ker = rek
kera = arek, anak
kera-kera = anak-anak
ketam = matek (mati)
kewut = tuwek (tua)
kida = adik
kipa = apik (bagus)
kiwal = walik (balik)
kiwalan = walikan (balikan)
kodew = wedok (perempuan / cewek)
kolem = melok (ikut)
kombet = tembok
komes = semok (seksi)
kubam = mabuk
kumang = ngamuk (marah)
kunam = manuk
kuntang = ngantuk
kusam = masuk
kusam ninga = masuk angin
kusi = isuk (pagi)

L
ladub = budhal (berangkat / pergi)
langgit = tinggal, dilanggit = ditinggal
lawet = jual, lawetan = jualan
lecep = pecel
ledhom = model (gaya). ngeledhom = bergaya / kakean gaya (banyak gaya)
lesek = kesel (kesal, capek)
libom = mobil
licek = kecil
likis = sikil (kaki)
lites = setil (necis, modern, gaya, trendy)
lop =  poll (banget)
lukup = pukul (tempeleng)

M
malas = salam
mbois = mantap, keren, bagus, canti/ganteng
memes = ibu

N
nade = edan (gila)
nadu = udhan (hujan)
naisak = kasian (kasihan), dinaisaki ae wes = dikasihani sajalah
nakam = makan
nangkus = sungkan
nawak = kawan
nayamul = lumayan
nendes = senden (nyandar)
niam = main
nokat = takon (tanya)
noplet = telpon (tilpun)
nowar = rawon
ngalam = malang
ngalup = pulang
nganal = lanang (laki2)
nganem = menang
ngarambes = sembarang (terserah)
ngayambes = sembahyang (sholat)
ngesop = poseng, ngelu (pusing)
ngipok = ngopi
ngonceb = bencong, banci
ngungib = bingung
nolab = balon (dalam hal ini balon = pelacur)
nuwus = suwun (terima kasih), juga bisa rutam nuwus = matur suwun

O
odis = sido / jadi
oges = sego
ojir = uang
ojit / ojid = iya (iya, mantab!)
ojob = bojo (suami/istri, bisa juga pacar)
oket = teko (datang), oket ndi? = darimana?
omil = limo
ondenib = bendino
ongis = singo (singa)
opal = lapo (ngapain)
orip = piro (berapa)
oskab = bakso
osob = boso (bahasa)
osi = iso (bisa)
otos = soto
otis (kotis) = sitok (satu)
owob = bowo (kendhuren, kondhangan)
oyi = iyo (iya)

R
rabak = kabar (ya opo rabak e = gimana kabarnya)
rangas = sangar (seram, keren)
rebes = beres
reneb = bener (benar)
rikim = mikir, ngrikim = lagi mikir
rudit = tidur
rulud = dhulur (saudara)

S
saleb = belas (digunakan saat menyebut angka belasan. Mis. 15: amil saleb)
sam = mas
sanap = panas
senjem = menjes (jajanan gorengan)
silup = polisi
sinam = manis
siob = mbois
soak = kaos

T
tahes = sehat
tahil = lihat
tamales = selamat
tanggim = minggat (pergi keluar)
tejip = pijet (pijit)
tekes = seket (lima puluh)
tenyom = monyet
tewur = ruwet, rumit
tikas = sakit (ga enak badan)

U
ublem = mlebu (masuk)
uhat = tahu, uhat sitep = tahu petis
uklam = mlaku (jalan)
ukut = tuku (beli)
umak = kamu
umbam = mambu (bau)
umel = lemu (gemuk)
unyab = banyu (air)
utas = satu
utapes = sepatu
utem = metu (keluar)
utujes = setuju
uslap = palsu

hmmm menurut sejarah nih katanya boso walikan awalnya saat jaman perjuangan Gerilya Rakyat Kota (GRK) diusulkan oleh Ebes Suyudi Raharno sebagai alat komunikasi antar sesama pejuang serta sebagai identitas untuk mengenali lawan maupun kawan.. jadi intinya boso walikan ini sebenernya ya hanya kata kata biasa hanya saja cara membacanya yang diubah..
oke .. mungkin itu saja yang bisa saya posting.. semoga bermanfaat dan bisa dijadikan ilmu baru agar anda bisa tetap gaul di malang B) sekian, kurang lebihnya mohon maaf
Wassalamualaikum Wr.Wb.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar