Rabu, 27 Agustus 2014

Budaya Malang

Kota Malang, sebuah kota yang terletak di provinsi Jawa Timur, memiliki banyak kesenian dan budaya. contohnya adalah tari topeng malangan dan bantengan. tari topeng malangan sudah ada sejak kerajaan kanjuruhan pada masa abad ke 8 Masehi. tari topeng malang mengikuti pola india arena pada saat itu sastra india sedang dominan. pada saat itu tari topeng malangan ini digunakan untuk persembahyangan dan dipakai untuk media komunikasi antara raja dan rakyatnya, namun saat ini tari topeng malangan digunakan untuk hiburan semata.
sedangkan bantengan merupakan seni tari tradisional yang biasanya dilakukan pada saat hari kemerdekaan Republik Indonesia dan pada hari hari besar agama. Festival tahunan yang menjadi event ikon kota Malang juga sering diadakan setiap tahunnya. kesenian ini berkembang pada tahun 1960 masa orde lama. Gerakan tari yang dimainkan mengadopsi dari gerakan pencak silat. syair dan nuansa magis ikut menggambarkan keadaan saat tari bantengan dipentaskan.

dpakai media komunikasi antara kawulo dan gusti, antara raja dan rakyatnya - See more at: http://malangan.com/sejarah-topeng-malangan/#sthash.wusipQT3.dpuf
dipakai media komunikasi antara kawulo dan gusti, antara raja dan rakyatnya - See more at: http://malangan.com/sejarah-topeng-malangan/#sthash.wusipQT3.dpuf
dipakai media komunikasi antara kawulo dan gusti, antara raja dan rakyatnya - See more at: http://malangan.com/sejarah-topeng-malangan/#sthash.wusipQT3.dpuf, namun saat ini tari topeng malangan ditampilkan untuk hiburan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar